Food terminologi


Makanan Khas Jawa Barat

1. Nasi Tutug Oncom 

   Nasi tutug oncom merupakan salah satu makanan khas Sunda yang sudah tersohor hingga ke seluruh Nusantara. Nasi tutug oncom ini adalah menu makanan yang terdiri dari nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan. Nasi tutug oncom biasa disajikan dalam keadaan hangat, sehingga lezatnya lebih terasa. 
   Menurut kompastravel, nasi tutug oncom ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni asin dan gurih dari oncom serta pulen dan manisnya nasi menambah nikmatnya sajian khas Tatar Sunda ini. Nasi tutug oncom berasal dari Tasikmalaya, namun hidangan ini dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Jawa Barat. 


2. Opak 

   Opak adalah makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemukan dimana-mana. Opak sendiri memiliki beberapa varian seperti opak singkong dan opak ketan. Opak singkong merupakan opak yang berbahan dasar singkong yang diparut, kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu. Sementara opak ketan sendiri adalah opak yang menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. 
   Opak ketan terbuat dari campuran beras ketan, air juga kelapa parut dan garam. Semua bahan tadi ditumbuk hingga halus kemudian adonannya dibentuk bulat pipih. Setelah itu, adonan opak dijemur. Bila proses menjemur telah selesai, opak bisa langsung dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar. 
   Opak banyak ditemukan di beberapa daerah di Jawa Barat, mulai dari Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Sumedang hingga Kabupaten Kuningan.


3. Surabi 

   Surabi juga adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang terkenal akan kelezatannya. Surabi dibagi menjadi dua varian, yakni manis dan asin. Surabi asin tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Ada surabi rasa oncom hingga telur. Namun kini, para pemilik kedai atau warung surabi telah berinovasi dengan menambahkan berbagai macam topping pada sajian tradisional ini. Mulai dari menambahkan sosis sampai keju. Ada juga yang menggunakan keju mozarella. 
   Sementara untuk surabi manis, biasanya disiram dengan gula merah yang telah dicairkan. Namun kini, terdapat surabi manis dengan berbagai pilihan rasa dan topping. Mulai dari surabi durian, surabi cokelat susu hingga surabi dengan meises dan juga keju. 


4. Manisan Pala 

   Manisan juga adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang menjadi primadona. Salah satunya adalah manisan buah pala. Manisan buah pala biasanya terdiri dari manisan kering dan basah. 
   Dilansir dari tempo, manisan pala dibuat dengan cara mengupas buah terlebih dulu, kemudian buah pala dipotong sesuai selera, lalu dimasak dengan cara direbus dan kemudian disiram dengan menggunakan air garam. 
   Daging buah pala yang telah direbus dan disiram air garam kemudian direndam dengan air kapur agar teksturnya tetap terjaga. 
   Nah, untuk membuat manisan pala basah, pala yang sudah direndam air kapur tadi dicampur dengan larutan gula pasir mendidih. Lalu kemudian ditiriskan. Sementara untuk membuat manisan buah pala kering, menurut tempo caranya hanya dengan menjemur pala basah tadi di bawah sinar matahari sampai mengering sempurna. 
   Manisan buah pala yang memiliki cita rasa manis dan asam namun tetap segar ini bisa ditemui di Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Barat.


5. Moci 

   Selanjutnya, ada kue mochi yang merupakan kudapan asal Jepang, namun menjadi salah satu makanan khas di Jawa Barat juga. Khususnya kawasan Sukabumi dan Cianjur. Menurut Wikipedia, mochi adalah makanan manis berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, sampai adonan menjadi lengket. 
   Di Indonesia, khususnya Jawa Barat, kudapan ini dikemas dengan menggunakan keranjang bambu dan banyak dijual oleh pedagang asongan maupun toko oleh-oleh. Mochi di sini biasanya berisi kacang dan diberi taburan tepung sagu. Rasanya? Sudah pasti lezat dan bikin nagih.


6. Lotek 

   Lotek ini adalah makanan khas Jawa Barat yang tampilannya sangat mirip dengan gado-gado. Makanan ini berisi beberapa jenis sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang.
   Bedanya, bumbu kacang untuk lotek ini kadang-kadang menggunakan terasi, sedangkan gado-gado tidak memakai terasi. Kadang-kadang penjual lotek juga menambahkan bakwan, ketupat, telur, dan juga kerupuk. Tingkat kepedasan lotek juga bisa disesuaikan dengan selera kita, lho.


7. Karedok 

   Satu lagi makanan dari Jawa Barat yang mirip dengan pecel, yakni karedok. Bedanya dengan lotek, sayur-sayuran yang dipakai untuk membuat karedok tidak direbus alias mentah. Jadi, karedok ini lebih pantas disebut sebagai salad tradisional. Sayuran pelengkap karedok antara lain adalah tauge, mentimun, kacang panjang, kol, terong, dan daun kemangi. 
   Bumbu kacang yang melengkapi karedok ini lebih mirip dengan bumbu pecel karena bahan-bahanya menggunakan cabe merah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah, garam, kacang tanah, dan terasi. Anda bisa menyantap karedok secara langsung atau dengan sepiring nasi putih hangat


8. Peuyeum 

   Makanan dari Jawa Barat bukan hanya makanan berat saja, lho. Ada juga cemilan manis dari Jawa Barat yang sangat terkenal, yakni peuyeum. Ini merupakan singkong yang difermentasi sehingga sering juga dinamakan sebagai tape singkong. 
   Singkong yang digunakan akan dikukus lalu ditaburi dengan ragi untuk merangsang pertumbuhan jamur pada singkong. Peuyeum bisa Anda temukan dengan mudah ketika berjalan-jalan di Bandung dan daerah lain di Jawa Barat. Peuyeum bisa menjadi makanan pengganjal perut yang bikin nagih banget.


9. Cireng 

   Makanan khas Jawa Barat yang satu ini memang benar-benar terkenal. Apalagi sampai saat ada begitu banyak pedagang cireng di luar Jawa Barat. Cireng sendiri sebenarnya adalah cemilan yang murah meriah. Bahan dasar untuk membuat cireng adalah tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica bubuk.
   Jika dulu cireng hanya dimakan dengan sambal atau bumbu kacang, kini cireng sudah tersedia dalam berbagai rasa. Ada cireng rasa ayam, sapi, sosis, keju, BBQ, dan juga teriyaki. 


10. Combro & Misro 

   Tak kalah enaknya dengan makanan lain. Jika Anda penikmat kuliner khas Jawa Barat, cobalah cemilah Combro dan Misro. Ini merupakan cemilan dengan menggunakan bahan dasar singkong yang diparut, kemudian dibentuk melonjong lalu diberi isian oncom atau gula merah. 
   Combro sendiri singkatan dari oncom di jero sedangkan Misro adalah amis di jero. Bagi pecinta cita rasa yang pedas, maka cobalah Combro, isian oncom yang nikmat, pedas, dan gurih.

Komentar

Postingan Populer