Describe ingredient

Cinnamon/Kayu manis

    *History 
  Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.
Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.
Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.
    *Nutrition
    ~Sepuluh gram (sekitar 2,1 sendok teh) kayu manis mengandung:
    ~Energi: 103,4 kJ (24,7 kcal)
    ~Lemak: 0,12 gr
    ~Karbohidrat: 8,06 gr (dengan serat: 5,31 gr; gula: 0,2 gr)
    ~Protein: 0,4 gr


   
    *Function
Kulit kayu manis luas digunakan sebagai bumbu. Hal ini terutama digunakan dalam masakan sebagai bumbu dan bahan bumbu. Kayu manis digunakan dalam pembuatan coklat, terutama di Meksiko, yang merupakan importir utama kayu manis. Kayu manis juga digunakan dalam banyak resep hidangan penutup, seperti pie apel, donat, dan roti kayu manis serta permen pedas, kopi, teh, cokelat panas, dan minuman. Kayu manis yang sebenarnya, lebih baik daripada cassia, lebih cocok untuk digunakan dalam hidangan manis.
            Di Timur Tengah, kayu manis sering digunakan dalam masakan gurih dari ayam dan domba. Di Amerika Serikat, kayu manis dan gula sering digunakan untuk sereal rasa, masakan berbasis roti, seperti roti, dan buah-buahan, terutama apel, campuran kayu manis-gula bahkan dijual terpisah untuk tujuan tersebut. Hal ini juga digunakan dalam masakan Turki untuk hidangan manis dan gurih.
            Kayu manis juga dapat digunakan dalam acar. Kulit kayu manis adalah salah satu dari beberapa rempah-rempah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Bubuk kayu manis telah lama menjadi bumbu penting dalam masakan Persia, yang digunakan dalam berbagai sup kental, minuman, dan permen. Hal ini sering dicampur dengan air mawar atau rempah-rempah lain untuk membuat kari bubuk berbasis kayu manis untuk semur atau hanya ditaburkan pada perlakuan manis (terutama shole-Zard, Persia). Kayu msnid juga digunakan sebagai sambar atau bubuk Bisi Belebath di Karnataka, yang memberikan aroma yang kaya dan rasa yang unik.


      *Characteristic
    Nama “kayu manis” berasal dari bahasa Yunani, kinnámōmon, mungkin dari Fenisia. Dalam bahasa Hindi disebut dal chini. Dalam bahasa Urdu itu disebut dar chini.
Di Sri Lanka, dalam bahasa Sinhala, cinnamon dikenal sebagai kurundu dan dicatat dalam bahasa Inggris pada abad ke-17 sebagai “korunda”. Cinnamon disebut karuva dalam bahasa Malayam, dan Tamil. Varian Tamil lain adalah Pattai. Di Indonesia, di mana kayu manis dibudidayakan di Jawa dan Sumatera, disebut kayu manis (“sweet wood”). Dalam beberapa bahasa Eropa, kata untuk cinnamon berasal dari kata Latin cannella, atau canna, berbentuk “tabung”, dari caranya menggulung saat dikeringkan.

Komentar

Postingan Populer