Describe ingredient

Tomat(Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengahdan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

HISTORY
Tomat berasal dari daerah tropis, tomat tumbuh sebagai tanaman liar dan jenis lainnya tumbuh di negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang pertama kali oleh orang-orang Indian ditanam sebagai sumber makanan. Orang-orang Peru dan Mexico kemudian mulai memuliakan tanaman tomat, kemudian diberi nama tomat yang berarti tanaman yang membengkak.
Tahun 1498 kemudian dibawa ke daratan Eropa oleh Colombus pada perjalanannya yang ke 2 Tahun 1554 tercatat bahwa budidaya tomat pertama di Itali sebagai tanaman hias yang banyak pengagumnya. Hal ini terbukti dari nama yang diberikan oleh orang Eropa seperti apel paradis, apel cinta, apel emas.
Kemudian pada pertengahan abad ke 18 bangsa Eropa mulai menggoolongkan tomat sebagai buah sayur dan ini berjalan sangat lambat karena mereka khawatir kalo tomat bersifat racun. Seiringnya waktu Tomat baru diterima oleh masyarakat luas sebagai bahan makanan setelah perang dunia. Negara penghasil tomat terbesar adalah USA yang setiap tahun menghasilkan tomat 70.000.000 ton (4% produksi dunia), negara-negara ex Uni Soviet(10%), China(8%), Itali(8%), Turki(8%), Mesir(6%), Spanyol(4%), Rumania(3%), Yunani 3%), Brasilia(3%), dan Mexico(2%).

Sedangkan negara-negara exporter terbesar dunia berturut-turut Belanda, Mexico, Spanyol, Maroko, Rumania, Belgia, Bulgaria, dan Jordania. Pengimpor tomat terbesar di Eropa adalah Jerman tiap tahun sebanyak 400.000 ton diikuti oleh Inggris dan Prancis.

NUTRIENT
Berikut ini adalah kandungan Vitamin dan Mineral dalam setiap 100gram tomat.
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori18 kal
Karbohidrat3,9g
Air95%
Protein0,9g
Gula2,6g
Serat1,2g
Lemak0,2g
Vitamin A42µg5%
Vitamin C13,7mg15%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,54mg4%
Vitamin K7,9µg7%
Vitamin B1 (Thiamine)0,04mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg1%
Vitamin B3 (Niacin)0,59mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,09mg2%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,08mg6%
Vitamin B9 (Folat)15µg4%
Vitamin B120µg
Cholin6.7mg1%
Kalsium10mg1%
Zat Besi0,27mg3%
Magnesium11mg3%
Fosfor24mg3%
Potassium (Kalium)237mg5%
Sodium5mg0%
Seng (Zinc)0,17mg2%
Tembaga (Copper)0,06mg7%
Manganese0,11mg5%
Selenium0µg0%
FUNCTION 
Tomat ini dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk olahan makanan ataupun minuman. Biasanya untuk olahan makanan, digunakan tomat yang memiliki warna yang merah merona dan matang yang memiliki tekstur padat sehingga masakan lebih nikmat dan lebih terasa gigitannya saat dimakan. Sedangkan untuk minuman seperti jus selalu gunakan yang matang agar menghasilkan rasa yang manis.

Karakteristik
Buah tomat berdaging, pada tomat apel kulitnya tebal, sedangkan pada tomat sayur kulitnya tipis. Permukaan buah licin dan mengkilap. Bentuknya ada yang bulat, ada pula yang lonjong. Ukurannya ada yang besar sebesar apel. Adapula yang kecil, sekecil kelereng. Buah ada yang berwarna merah, kuning, ada pula yang berwarna hijau, tergantung pada jenis tomat dna tingkat kematangannya. Bijinya banyak. Bentuknya kecil-kecil dan pipih dengan warna kuning kecoklatan.

Komentar

Postingan Populer